Posted by : Unknown Sabtu, 13 September 2014

Mata Kuliah : Pengantar Teknik Infomasi
Dengan Bapak Dr. Hari Wibawanto
Tugas yang berkaitan : Kuliah #2 ini saya mulai dengan pertanyaan "Kapan Anda mulai menggunakan komputer?", "Komputer jenis apa, prosesornya apa?", "Program/Aplikasi apa yang pertama kali Anda pakai?". Jawabannya tentu menunjuk pada tahun tertentu, komputer tertentu, prosesor tertentu, aplikasi tertentu. Tugas Anda berikutnya adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang komputer, prosesor, dan aplikasi yang pertama kali Anda kenal. Kemudian buatlah blog dengan nama sesuai dengan NIM Anda, misalnya: http://53024140xx.blogspot.com 

Sebelum itu saya akan mengenalkan diri saya 
Nama saya Zulham Azwar Achmad saya adalah anak ke empat dan terakhir dari empat bersaudara . asal dari bali bertempat tinggal di Denpasar selatan . saya bersekolah dasar di SD Muhammadiyah 2 Denpasar . sebelum nya saya masih tidak memikirkan tentang mimpi waktu itu , hal yang paling saya sukai itu adalah bermain , bermain , bermain , dan bermain . sampai pada akhir nya saya melihat kakak kelas mengikuti kelas computer . dan saya bertanya pada ibu saya dan berkata “ ma apa itu yang di mainin sama kakak kakak itu “. Dan ibu saya menjawab “itu lagi belajar ngetik sayang”. Sehentak ak memikirkan perkataan ibu saya , dan spontan masuk ke dalam ruang kelas itu dan dengan egois nya saya memainkan computer itu dan menjalan kan program “Belajar Ketik 10 Jari”. Waktu itu saya masih berusia 8 tahun kelas 2 SD dan mengikuti kelas computer untuk anak-anak kelas 3 SD. Semenjak itu saya menyukai yang namanya Komputer .
Saat berusia 12 tahun yaitu kelas 6SD saya di belikan computer untuk yang pertama kalinya . 

dengan Spesifikasi Sebagai Berikut :
Monitor : Liquid-Crystal Display BENQ
Stavolt Standar
Speaker Standar
RAM : 1GB DDR2
HDD : Hardisk Versi Port ATA 250GB
Powersupply : Standart 250 watt
DVD ROM : Toshiba
Motherboard : SIS tahun keluaran sebelum tahun 2007

Silicon Integrated Systems (SiS; Cina: 矽統 科技; pinyin: Xìtǒng Keji) adalah sebuah perusahaan yang memproduksi, antara lain, motherboard chipset. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1987 di Hsinchu Science Park, Taiwan. ( Wikipedia )

VGA : Internal SIS
Speaker : Standar Simbadda
Keyboard & Mouse : Logitech 
Processor : Pentium D
Pentium D merupakan jajaran mikroprosesor Intel yang memiliki dua buah inti (dual core) dalam prosesornya. Ada dua buah jenis Pentium D yang beredar di pasaran, antara lain Pentium D yang berbasiskan inti Prescott (90 nanometer), yang diberi nama Smithfield dan satu lagi prosesor Pentium D yang berbasiskan inti Cedar-Mill (65 nanometer), yang diberi nama Presler.
Nama ProsesorIntel Pentium D
Nama KodeSmithfield (90 nanometer), Presler (65 nanometer)
DiperkenalkanApril 2005
Variasi kecepatan2666 MHz hingga 3400 MHz.
KecepatanSystem Bus533 MHz (Smithfield 2666 MHz), 800 MHz (kebanyakan Pentium D)
Set InstruksiIntel x86MMXSSESSE2SSE3, Intel xD (Execute Disable bit), Intel Virtualization Technology (Vanderpool) (hanya pada seri Presler), Intel Hyper-Threading (hanya pada seri Extreme Edition), Intel EM64T, Enhanced Intel Speed Step Technology (untuk penghematan daya, hanya beberapa seri saja).
Cache Level 1Instruction cache: 2x12 K micro-op Excecution Trace Cache; Data Cache: 2x 16 KB
Cache Level 22 x 1024 MB (Smithfield), 2x 2048 MB (Presler)
Jenis packageLand-Grid Array (LGA), 775-pin
Dan Pengertian dari Komputer itu sendiri ialah 
Pengertian Komputer 
Komputer menurut Blissmer (1985) adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas yaitu menerima input , memproses input sesuai dengan instruksi yang di berikan , menyimpan perintah perintah dan hasil pengolahan nya serta menyediakan output dalam bentuk informasi 
dan menurut Sanders (1989) , komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancanng dan di organisasikan supaya secara otomatis , yaitu menerima Intruksi yang telah di simpan ke dalam memory . jalur perubahan data menjadi informasi . data adalah bahan mentah informasi yang bisa di dapat dari fakta atau kejadian yang di proses 
informasi adalah hasil proses memanipulasi data yang bermanfaat bagi pemakai 
pada inti nya 
Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang bekerja dengan intruksi untuk mengola data menjadi informasi yang lebih bermanfaat 

dengan keinginan dan rasa ingin tahu ku , saya mempelejari tentang Operation Sistem Windows XP dan Vista . pada tahap itu saya sudah bisa mempadukan 3 operation system sekaligus . dan pada umur 12 tahun pula saya bisa membongkat computer sampai pada bagiam terkecil nya dari RAM , HDD , DVD-ROM , sampai yang paling ekstrim yaitu Processor . tidak seperti anak-anak lain nya , kegiatan ku sehari-hari itu adalah di depan computer . sampai saya membongkar komputersekali  dan mengembalikan nya ke keadaan semula , lalu yang kedua kali , ketiga kali , ke empat kali , sampai yang kelima kali saya merusak computer ku sendiri . hal  yang di sayangkan namun itu adalah pengalaman berharga bagi ku bahwa processor itu adalah bagian hardware computer yang sangat sensitive . memiliki ratusan tiang dan jika salah satu nya adalah yang bengkok sedikit saja . maka processor itu akan rusak .

Dan Aplikasi pertama yang saya kenal ialah Anti Virus Grisoft

AVG Technologies (sebelumnya bernama Grisoft) adalah perusahaan perangkat lunak antivirus asal Republik Ceko yang didirikan tahun 1991.
AVG adalah kompetitor industri antivirus yang bersaing dengan AviraBullGuardF-SecureFriskKasperskyMcAfee,Panda SecuritySophosSymantec dan Trend Micro serta lainnya. ( Wikipedia )

Di usia 13 tahun yaitu kelas 1 SMP aku dibelikan laptop untuk yang pertama kalinya . prestasi itu pada waktu itu . langsung pada kelas 3 SMP saya menjadi asisten guru untuk mengajari murid murid di kursus computer waktu itu . saya senang pada waktu itu saya menjadi murid yang di percayai guru untuk membimbing teman sekelas
Beranjak kelas 1 SMA waktu itu saya tidak disukai satu kelas , dikarenakan saya lebih unggul di bagian computer
Kelas 2 SMA karena pengalaman dari kelas 1 SMA saya hanya duduk diam di kelas dan hanya menyimak apa yang guru ajarkan di depan kelas .
Dan di kelas 3 SMA saya mengikuti ujian seleksi masuk Club Komputer yang katanya hanya 10 orang dari seluruh angkatan yang diterima menjadi member di sana . dan Alhamdulillah saya menduduki peringkat satu dalam ujian tersebut .
Setelah itu saya menukini yang nama ilmu TIK .
Di kelas 3 itu pun saya juga ditawari untuk kerja di perusahaan IComp, walaupun itu adalah perusahaan yang baru berdiri dan didirikan oleh salah satu Mahasiswa sekaligus Guru computer di SD Muhammadiyah 3 Denpasar . saya mendapat banyak pengalaman dari sana sebagai teknisi , marketing dan lain lain 
Dan pada saat itu lah saya mempunyai minat pada ilmu jaringan computer . dan pada saat itu lah saya mengetahui apa yang menjadi potensi dalam hidup saya . yaitu mengembangkan sesuatu baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak dalam hal teknologi namun hanya mengembangkan , belum bisa menciptakan . maka dari itu saya berminat berkuliah di Universitar Negeri Semarang ini , untuk menekuni ilmu pemrograman dan mengasah potensi saya . 

seperti yang saya pikirkan saat ini

Jika seseorang bisa mengembangkan kerangka sepeda biasa lalu di pasangkan mesin yang sudah ada menjadi sepeda motor berbahan bakar versi nya sendiri . pikirkan saja jika ia bisa menciptakan mesin dan bahan nya sendiri . berapa banyak motor yang dapat ia ciptakan 


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

About

nama : Zulham Azwar Achmad
NIM : 5302414040
Jurusan : Teknik Elektro
Fakultas : Teknik
Prodi : Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Email : asegaf@ymail.com

Facebook : https://www.facebook.com/zulham.achmad
BBM : 7D29A478
ID Line : Mahluz
No. HP : +6285738302909

Popular Post

Blogger templates

- Copyright © Lynxs Blog -Universitas Negeri Semarang- Powered by Blogger-