Nama :Zulham azwar achmad
NIM : 5302414040
Disini saya menjelaskan cara membuat GUI sederhana kalkulator tanpa menggunakan windowbuilder atau netbeans , saya akan menjelaskan secara singkat dengan menggunakan tanda comment (//) yang berada dalam source code dibawah ,,
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
// untuk menggunakan gui ada dua type , dengan menggunakan swing atau awt
// swing atau awt terserah anda mw menggunakan yang mana , dan disini saya menggunakan swing
// saya tambah awt hanya untuk pelengkap ,
// kenapa akhiran import itu .*; ?
// itu sama saja dengan , import javax.swing.JFrame , import javax.swing.JLabel .
// maksud nya itu , mw kita masukan satu persatu secara manual atau itu bsa ,,
// biar gampang system akan memasukan semua class library swing baik itu JFrame , JLabel , dkk dengan menggunakan import javax.swing.*;
// untuk import awt juga sama ,
// untuk yang awam apa kepanjangan dan maksud dari library silahkan cari di wikipedia untuk detail nya
public class frame {
// pertama kita buat dulu object , ingat ! , hanya membuat belum memasukan
 public static void main(String[] args) {
  JFrame gui = new JFrame("Kalkulator");
  JTextField output = new JTextField(100);
  JPanel panel = new JPanel();
  JButton hapus = new JButton("<-");
  JButton satu = new JButton("1");
  JButton dua = new JButton("2");
  JButton tiga = new JButton("3");
  JButton empat = new JButton("4");
  JButton lima = new JButton("5");
  JButton enam = new JButton("6");
  JButton tujuh = new JButton("7");
  JButton delapan = new JButton("8");
  JButton sembilan = new JButton("9");
  JButton nol = new JButton("0");
  JButton kali = new JButton("X");
  JButton bagi = new JButton("/");
  JButton kurang = new JButton("-");
  JButton tambah = new JButton("+");
  JButton samadengan = new JButton("=");
  JButton titik = new JButton(".");
  JButton clear = new JButton("C");
  JLabel nama = new JLabel("Zulham azwar achmad (5302414040)");
  
//ini hanya untuk menseting tulisan agar rata tengah
  nama.setHorizontalAlignment(SwingConstants.CENTER);
  
//ini untuk mengatur tata letak dan ukuran object , perlu di ingat hanya untuk mengatur tata letak dan ukuran , belum memasukan ,
//format setingan nya itu ada lah (letak_x,letak_y,ukuran_panjang,ukuran_tinggi)
//dan aturan nya adalah koordinat 0 dari pojok kiri atas oke ,
  output.setBounds(50,10,290,39); //(jarak geser ke-kanan , jarak geser kebawah , panjang , tinggi )
  clear.setBounds(290,120,50,50);
  nama.setBounds(50,60,290,50);
  hapus.setBounds(230,120,50,50);
  satu.setBounds(50, 120, 50, 50);
  dua.setBounds(110,120,50,50);
  tiga.setBounds(170,120,50,50);
  empat.setBounds(50,180,50,50);
  lima.setBounds(110,180,50,50);
  enam.setBounds(170,180,50,50);
  tujuh.setBounds(50,240,50,50);
  delapan.setBounds(110,240,50,50);
  sembilan.setBounds(170,240,50,50);
  nol.setBounds(50,300,110,50);
  titik.setBounds(170,300,50,50);
  kali.setBounds(230,180,50,50);
  bagi.setBounds(230,240,50,50);
  kurang.setBounds(290,180,50,50);
  tambah.setBounds(290,240,50,50);
  samadengan.setBounds(230,300,110,50);
//nah ini ada dua versi ,, untuk orang" yang keliatan menggunakan windowbuilder
//pasti di setiap object yang mereka buat langsung di masukan ke dalam frame ,,
//ya iyalah nama nya drag and drop ,,
//jadi bakalan seperti ini
//contoh :
//JButton tombol =  new JButton("NEXT");
//tombol.setBounds(100,100,100,100);
//gui.getContentPane().add(tombol);
//maka akan langsung menentukan letak , ukuran dan memasukan nya ke dalam frame ,
//itulah perbedaan manual dengan auto
//sedangkan yang memang mengerjakan manual , pasti kan lebih cepat bila dikerjakan dengan
//dengan menggunakan JPanel , untuk penjelasan lebih lanjut , silahkan cari di wikipedia
  
  panel.setLayout(null);
  panel.add(output);
  panel.add(hapus);
  panel.add(satu);
  panel.add(dua);
  panel.add(tiga);
  panel.add(empat);
  panel.add(lima);
  panel.add(enam);
  panel.add(tujuh);
  panel.add(delapan);
  panel.add(sembilan);
  panel.add(nol);
  panel.add(titik);
  panel.add(kali);
  panel.add(bagi);
  panel.add(tambah);
  panel.add(kurang);
  panel.add(samadengan);
  panel.add(clear);
  panel.add(nama);
  
//ini hanya untuk mengatur frame saja
  gui.getContentPane().add(panel);
  gui.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
//ini adalah ukuran frame
  gui.setSize(400,500);
  gui.setVisible(true);
//saya buat agar tidak bisa di rubah" ukuran frame nya
  gui.setResizable(false);
satu.addActionListener(new ActionListener() {
          public void actionPerformed(ActionEvent e) {
              output.setText(output.getText()+"1");
           }
        });
  dua.addActionListener(new ActionListener() {
   
   public void actionPerformed(ActionEvent e) {
    output.setText(output.getText()+"2");
    
   }
  });
  tiga.addActionListener(new ActionListener() {
   
   public void actionPerformed(ActionEvent e) {
    output.setText(output.getText()+"3");
    
   }
  });
  empat.addActionListener(new ActionListener() {
   
   public void actionPerformed(ActionEvent e) {
    output.setText(output.getText()+"4");
    
   }
  });
  lima.addActionListener(new ActionListener() {
   
   public void actionPerformed(ActionEvent e) {
    output.setText(output.getText()+"5");
    
   }
  });
  enam.addActionListener(new ActionListener() {
   
   public void actionPerformed(ActionEvent e) {
    output.setText(output.getText()+"6");
    
   }
  });
  tujuh.addActionListener(new ActionListener() {
   
   public void actionPerformed(ActionEvent e) {
    output.setText(output.getText()+"7");
    
   }
  });
  delapan.addActionListener(new ActionListener() {
   
   public void actionPerformed(ActionEvent e) {
    output.setText(output.getText()+"8");
    
   }
  });
  sembilan.addActionListener(new ActionListener() {
   
   public void actionPerformed(ActionEvent e) {
    output.setText(output.getText()+"9");
    
   }
  });
  nol.addActionListener(new ActionListener() {
   
   public void actionPerformed(ActionEvent e) {
    output.setText(output.getText()+"0");
    
   }
  });
  clear.addActionListener(new ActionListener() {
   
   public void actionPerformed(ActionEvent e) {
    output.setText(null);
    
   }
  });
  hapus.addActionListener(new ActionListener() {
      public void actionPerformed(ActionEvent e) {
          String text = output.getText();
          output.setText(text.substring(0,text.length()-1));
      }
  });
 }
}
Related Posts :
- Back to Home »
- Pemrograman Berorientasi Objek »
- CARA MEMBUAT GUI CALCULATOR SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN SWING/AWT DENGAN ECLIPSE - JAVA
 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
bagi kurang tambah kalinya blm dibikin methos nya mas
BalasHapuskak ini kalo pakai C++ bisa gk ?
BalasHapusCara Membuat Gui Calculator Sederhana Dengan Menggunakan Swing/Awt Dengan Eclipse - Java >>>>> Download Now
BalasHapus>>>>> Download Full
Cara Membuat Gui Calculator Sederhana Dengan Menggunakan Swing/Awt Dengan Eclipse - Java >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Cara Membuat Gui Calculator Sederhana Dengan Menggunakan Swing/Awt Dengan Eclipse - Java >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK