Posted by : Unknown
Selasa, 17 Maret 2015
Soal latihan #1
Baca dan diskusikan
isi Chapter 2 buku William
Stallings: “Computer Organization and Architecture:
Designing For Performance. Eighth Edition”. New Jersey: Prentice Hall. 2010, kemudian jawab pertanyaan berikut ini:
- Apa yang dimaksud dengan komputer dengan program tersimpan (stored program computer)? Jelaskan!
- Sebutkan dan jelaskan fungsi 4 bagian utama komputer serba guna (general purpose computer)?
- Sebutkan dan jelaskan karakteristik-karakteristik utama keluarga-komputer (beberapa seri komputer yang dibuat saling cocok satu sama lain, misalnya keluarga IBM System/360).
- Berikut ini dimisalkan dua jenis komputer dengan dua perangkat instruksi yang berbeda, masing-masing bekerja dengan laju detak (clock rate) 200 MHz. Tabel berikut ini menunjukkan hasil pengukuran dengan menggunakan seperangkat program benchmark.
Tipe
Instruksi
|
Jumlah
Instruksi (dalam juta)
|
Siklus
per Instruksi (CPI : Cycles per Instruction)
|
Komputer A
|
||
Aritmetika dan Logika
|
8
|
1
|
Isikan dan Simpan (Load and
Store)
|
4
|
3
|
Percabangan
|
2
|
4
|
Instruksi lain
|
4
|
3
|
Komputer B
|
||
Aritmetika dan Logika
|
10
|
1
|
Isikan dan Simpan (Load and
Store)
|
8
|
2
|
Percabangan
|
2
|
4
|
Instruksi lain
|
4
|
3
|
a.
Tentukan
CPI efektif, laju MIPS, dan waktu eksekusi tiap-tiap komputer
b.
Berikan
komentar atas hasil yang didapatkan
JAWAB:
1. Stored program computer adalah mesin yang melakukan komputasi berdasarkan pada program yang tersimpan didalamnya.
2. 4 bagian utama komputer serba guna (general purpose computer) adalah:
a. Unit Aritmatika dan Logis (ALU)
Adalah salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika.Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR. tugas utama dari ALU (Arithmetic And Logic Unit)adalah melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan operasi arithmatika dengan dasar pertambahan, sedang operasi arithmatika yang lainnya, seperti pengurangan, perkalian, dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi arithmatika ini disebut adder. Tugas lalin dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program
2. 4 bagian utama komputer serba guna (general purpose computer) adalah:
a. Unit Aritmatika dan Logis (ALU)
Adalah salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika.Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR. tugas utama dari ALU (Arithmetic And Logic Unit)adalah melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan operasi arithmatika dengan dasar pertambahan, sedang operasi arithmatika yang lainnya, seperti pengurangan, perkalian, dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi arithmatika ini disebut adder. Tugas lalin dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program
b. Unit kontrol
Unit kontrol adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan / kendali / kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. Output dari CU ini akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari perangkat CPU tersebut. Pada awal-awal desain komputer, CU diimplementasikan sebagai ad-hoc logic
yang susah untuk didesain. Sekarang, CU diimplementasikan sebagai sebuah microprogram yang disimpan di dalam tempat penyimpanan kontrol (control store).
c. Memory
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner ) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
d.Alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O)
Membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
3. Karakteristik-karakteristik utama keluarga-komputer (beberapa seri komputer yang dibuat saling cocok satu sama lain, misalnya keluarga IBM System/360) :
a. Desain membuat perbedaan yang jelas antara arsitektur dan implementasi, memungkinkan IBM untuk merilis suite desain yang kompatibel dengan harga yang berbeda
b. Bisa memiliki hingga 8 MB ??internal memori utama meskipun memori utama yang besar tidak biasa-instalasi besar lebih khas mungkin sesedikit 256 KB penyimpanan utama, tapi 512 KB, 768 KB atau 1024 KB lebih umum.
c. Sistem / 360 sangat sukses di pasaran, memungkinkan pelanggan untuk membeli sistem yang lebih kecil dengan pengetahuan mereka akan selalu dapat bermigrasi ke atas jika kebutuhan mereka tumbuh, tanpa pemrograman ulang dari software aplikasi atau mengganti perangkat periferal.
d. Banyak yang menganggap desain salah satu komputer paling sukses dalam sejarah, yang mempengaruhi desain komputer selama bertahun-tahun yang akan datang.
4. a. CPI efektif :
laju MIPS
Waktu eksekusi tiap tiap komputer
b.komentar saya adalah
Unit kontrol adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan / kendali / kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. Output dari CU ini akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari perangkat CPU tersebut. Pada awal-awal desain komputer, CU diimplementasikan sebagai ad-hoc logic
yang susah untuk didesain. Sekarang, CU diimplementasikan sebagai sebuah microprogram yang disimpan di dalam tempat penyimpanan kontrol (control store).
c. Memory
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner ) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
d.Alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O)
Membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
3. Karakteristik-karakteristik utama keluarga-komputer (beberapa seri komputer yang dibuat saling cocok satu sama lain, misalnya keluarga IBM System/360) :
b. Bisa memiliki hingga 8 MB ??internal memori utama meskipun memori utama yang besar tidak biasa-instalasi besar lebih khas mungkin sesedikit 256 KB penyimpanan utama, tapi 512 KB, 768 KB atau 1024 KB lebih umum.
c. Sistem / 360 sangat sukses di pasaran, memungkinkan pelanggan untuk membeli sistem yang lebih kecil dengan pengetahuan mereka akan selalu dapat bermigrasi ke atas jika kebutuhan mereka tumbuh, tanpa pemrograman ulang dari software aplikasi atau mengganti perangkat periferal.
d. Banyak yang menganggap desain salah satu komputer paling sukses dalam sejarah, yang mempengaruhi desain komputer selama bertahun-tahun yang akan datang.
4. a. CPI efektif :
laju MIPS
Waktu eksekusi tiap tiap komputer
b.komentar saya adalah
Tugas Organisasi Dan Arsitektur Komputer >>>>> Download Now
BalasHapus>>>>> Download Full
Tugas Organisasi Dan Arsitektur Komputer >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Tugas Organisasi Dan Arsitektur Komputer >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK